Selasa, 25 Maret 2014

Tidur siang perlu atau tidak

 Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika membiasakan diri untuk tidur siang. Menurut para ahli dari Mayo Clinic, tidur siang baik untuk relaksasi, menurunkan rasa lelah, membuat suasana hati menjadi baik, dan mempertajam pikiran. Penelitian yang dilakukan oleh Harvard Health Letter pun menunjukkan bahwa orang-orang yang terbiasa tidur siang memiliki daya ingat yang lebih tajam daripada mereka yang tidak. Bahkan penelitian yang telah dilaporkan dalam jurnal Archives of Internal Medicine di tahun 2007 menyebutkan tidur siang teratur menurunkan risiko kematian dari penyakit jantung sebesar 37%.

Meskipun demikian, Anda yang mengalami gejala insomnia tidak dianjurkan untuk melakukan tidur siang setiap hari, sebab Anda akan semakin kesulitan untuk tidur di malam hari. Sementara bagi Anda yang ingin memanfaatkan tidur siang secara maksimal, sebaiknya Anda menyimak tips bermanfaat mengenai tidur siang seperti yang dilansir dari Reader's Digest (21/03) berikut ini.

Berapa lama sebaiknya Anda tidur siang?
Menurut situs MentalFloss.com, tidur siang memberi manfaat yang berbeda sesuai dengan berapa lama Anda tidur. Tidur siang selama 20 membantu Anda meningkatkan konsentrasi, sementara tidur siang selama 90 menit akan membuat kreatifitas meningkat. Namun jika Anda terbangun di antara waktu 20 sampai 90 menit tersebut saat tidur siang, maka Anda akan mengalami rasa pusing.

Kapan sebaiknya Anda tidur siang?
Situs Prevention.com menyarankan Anda untuk tidur siang di antara jam satu sampai tiga sore. Sebab tidur siang pada jam tersebut mampu meningkatkan kewaspadaan Anda dan tidak mempengaruhi kemampuan untuk tertidur di malam hari.

Bagaimana caranya agar tidur siang terasa nyaman?
Menurut situs MentalFloss.com, tidur dengan cara duduk akan membuat Anda semakin susah untuk tertidur. Maka dari itu pilihlah tempat yang gelap, tidak terlalu dingin atau panas, kemudian berbaring dengan nyaman. Situs Prevention.com juga menyarankan agar Anda sebaiknya tidur siang di sofa, bukan tempat tidur, agar Anda tidak tergoda untuk berlama-lama tidur.

Minum kopi sebelum tidur siang
Pernyataan ini terlihat kontras, namun berdasarkan penelitian di Jepang, minum kopi sebelum tidur siang bisa menjadi cara alami untuk membangunkan Anda. Kafein dalam kopi memerlukan waktu 20 sampai 30 menit untuk memberi efek secara maksimal pada Anda, sehingga Anda akan terbangun secara alami dengan kondisi tubuh yang segar.

Tidur siang bukan pengganti tidur di malam hari
Majalah Newsweek melaporkan bahwa tidur siang memang baik bagi kesehatan, namun bukan merupakan pengganti tidur Anda di malam hari. Jadi apabila Anda rajin tidur siang tapi jarang tidur di malam hari, Anda akan tetap memiliki risiko terserang penyakit tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, obesitas, dan juga stres.

Setelah memahami manfaat dan tips untuk menjalani tidur siang, Anda bisa menyimpulkan sendiri bahwa tidur siang sebenarnya perlu dilakukan atau tidak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar