Selasa, 25 Maret 2014

ketumbar si kecil yang punya banyak manfaat

 Ketumbar merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan. Bentuknya kecil-kecil berdiameter satu sampai dua milimeter. Ketumbar juga dikenal baik bagi kesehatan perut dan membantu pencernaan. Mau tau manfaat lain dari si kecil ini? Simak manfaat selengkapnya seperti yang dilansir dari India Times (19/03) berikut ini.

Wanita haid

Jika Anda para wanita sering mengalami nyeri pada perut ketika haid, ketumbar bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi rasa sakit Anda. Sebanyak enam gram biji ketumbar bisa Anda rebus bersama 500 ml air dengan menambahkan sedikit gula. Setelah itu minum air tersebut selagi hangat.

Obat encok

Ketumbar juga bisa digunakan sebagai obat encok. Caranya adalah dengan merebus biji ketumbar yang sudah dihaluskan dengan air kemudian diminum ketika ramuan tersebut masih hangat.

Anti diabetes

Beberapa orang menyebut ketumbar sebagai tanaman 'anti diabetes'. Hal ini disebabkan karena ketumbar mampu menurunkan kadar gula yang ada dalam darah. Selain itu ketumbar membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Obat jerawat

Bagi Anda yang mengalami masalah wajah yang penuh dengan jerawat dan komedo, atasi dengan si kecil yang satu ini. Haluskan biji ketumbar dan kunyit kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat.

Ternyata selain sebagai bumbu masakan, ketumbar memiliki banyak manfaat lain yang menarik bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar